Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM (Nambah RAM Menggunakan Flashdisk dan Eboostr) | Share All Info

You are here:
Home » Komputer » Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM (Nambah RAM Menggunakan Flashdisk dan Eboostr)
Berakhir 29 Juli 2014

Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM (Nambah RAM Menggunakan Flashdisk dan Eboostr)

 

Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM (Nambah RAM Menggunakan Flashdisk dan Eboostr)Buat Sobat yang baru memulai menggunakan Windows Vista, atau yang mungkin belum mengenal Vista, ini baik sebagai penjelasan saat Sobat membutuhkan kecepatan kinerja dari sebuah komputer dengan OS Windows Vista

Dari beberapa Produk PC terutama Notebook sudah banyak yang langsung menerapkan Hardware bernama Windows Ready Boost yang ditambahkan pada mobo (mainboard), biasanya akan langsung menambahkan 1 giga memory di PC/Notebbok. anggap saja Sobat mendapatkan tambahan RAM sebesar 1 giga. Fitur ini terbukti mendongkrak performance Vista Sobat. 

Dari beberapa yang sudah Saya coba Produsen notebook seperti Fujitsu, NEC dan Lenovo sudah menggunakan Ready Boost kecuali untuk brand Lenovo yang memungkinkan konsumen untuk mimilih sendiri (costumize) hardware yang ingin ditambahkan ke dalam produk yang akan dibeli, tentunya dengan harga yang berbeda. Namun ada cara Lain untuk mendapatkan fitur ini…


Download E-Booknya disini

Windows ReadyBoost adalah sebuah fitur yang terdapat di dalam Windows Vista dan Windows Server 2008 yang meningkatkan performa komputer dengan cara menambah memori dari perangkat eksternal seperti USB flashdisk atau HD eksternal. Namun perbedaan performa tidak terlalu terasa jika flashdisk pengguna lebih kecil dari RAM yang ada pada sistem. 


Jika ingin menambah performa, kapasitas flashdisk paling tidak mesti dua kali lebih tinggi dari RAM yang sudah terdapat pada sistem. Sebagai contoh apabila kita memiliki RAM dengan kapasitas memory 1GB dan flash disk dengan kapasitas memory 2 GB, maka dengan menjalankan fitur Windows ReadyBoost ini RAM akan bertambah menjadi 3 GB.

Namun perlu diingat masih terdapat banyak tipe flashdisk yang beredar di pasaran yang belum cocok untuk Windows ReadyBoost sehingga tidak dapat untuk menjalankan fitur ini. dari beberapa uji coba USB flashdisk, Superdisk, Cryptonix, Verico, Kingston dan AData sudah dapat untuk menjalankan fitur Windows ReadyBoost. Namun, ada beberapa prasyarat yang harus dimiliki sebuah FLASHDISK untuk dapat digunakan oleh Vista sebagai RAM, yaitu:
FLASHDISK Anda harus berkapasitas di atas 1 Gigabytes (Saya rekomen 2 GB, Vista sendiri merekomen 4 GB)

FLASHDISK Sobat harus memiliki kemampuan High-Speed atau Fast-USB yang murni 100%, tidak setengah-setengah.
Ada dua jenis kecepatan transfer data pada FLASHDISK USB: kecepatan normal dan kecepatan tinggi (High-Speed).
Pada umumnya, FLASHDISK dengan kapasitas di atas 1 GB akan memiliki kemampuan High-Speed agar managemen data dapat dilakukan dengan lebih cepat, namun banyak FLASHDISK yang High-speed-nya tidak murni, hanya setengah dari kapasitas simpannya yang High-Speed (umumnya yang belum Vista-Compatible).

Bila ingin menjadikan FLASHDISK sebagai RAM, sebaiknya kita mencari tahu terselebih dahulu apakah FLASHDISK yang kita beli berkecepatan tinggi atau tidak. Hal tersebut dapat kita tanyakan langsung pada penjualnya atau melihat di bungkusnya apakah ada tulisan “HIGH-SPEED FLASH DRIVE” yang biasanya diikuti dengan logo Windows dengan tulisan “Works with Windows Vista”. atau, akan lebih baik lagi bila terdapat logoReadyBoost di bungkusnya, hal tersebut berarti sudah pasti 100% FLASHDISK Sobat  dapat digunakan oleh Vista sebagai RAM. Adapun jenis FLASHDISK seperti ini masih baru dan harganya masih  atau cukup mahal.


Sobat bukan pengguna Windows Vista ? Sobat masih menggunakan XP ?
Jangan khawatir, Sobat tetap bisa menggunakan fitur ReadyBoost pada Windows XP dengan bantuan Software eBoostr ini..

Silahkan Sobat download dulu Software eBoostr sekaligus crack nya disini 

Untuk meningkatkan performa di XP dengan menggunakan tambahan flash disk persis seperti di Vista, anda bisa memanfaatkan eBoostr. Aplikasi ini sanggup bekerja dengan 4 perangkat sekaligus hingga 4 GB per perangkat.


Saya akan menjelaskan sedikit, cara pemakaianya :

  1. Install eBoostr seperti biasa, jalankan crack-annya lalu restart komputer Sobat
  2. Setelah restart, eBoostr akan langsung diaktifkan. Pada jendela yg muncul pilih yes
  3. Pilih perngkat yg akan dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja Flashdisk atau MC Sobat (dalam keadaan terpasang pada komputer). Kemudian tentukan juga kapasitas cache yg diinginkan
  4. Tunggu sebentar hingga muncul jendela “Do you want to build the cache file on the device now?” pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai 
  5. Apabila proses diatas selesai maka didalam Flashdisk atau MC Sobat terdapat file dengan ukuran/size yang sangat besar (sesuai dgn pengisian jumlah cache diawal), jadi Sobat jangan kaget dan file ini tersembunyi/hidden. Flashdisk atau MC yg dipakai untuk eBosstr, tetap bisa dipakai untuk menyimpan file lain asalkan mempunyai ruang yg cukup.
Untuk menambahkan RAM pada komputer, Sobat hanya tinggal colokan Flashdisk atau MC ke komputer yg telah ter install eBoostr



Posted by 0 Responses
     
Jan
17
2012