Cara Mudah Membuat Kabel UTP Straight-Cross

Category : Internet

Cara Mudah Membuat Kabel UTP Straight-Crosskabel UTP bukan kabel sembarangan , kabel UTP adalah kabel khusus yang di rangkai berdasarkan warna dan digunakan khusus sebagai layer phisycal , kabel utp terbagi menjadi 2 jenis yaitu UTP model Cross dan UTP model Straight , kedua nya sama – sama sebagai alat penghubung.Kita kana bahas satu per satu .
kabel UTP cross dan straight
Cara Membuat Kabel UTP Straight
Kabel UTP Straight adalah kabel yang digunakan sebagai penghubung beberapa client dengan menggunakan bantuan hub ataupun switch. Urutan rna nya yaitu : (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) – (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat dgn Coklat) , susunan ujung kabel nya sama.

Sponsored Ad

Cara Membuat Kabel UTP Cross
sedangkan , kabel utp cross adalah kabel penghubung antara 2 unit komputer secara langsung , tanpa perlu hub , dan susunan ujung dgn ujung berbeda , kita sebut aja ujung A dan ujung B .

Ujung A (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) – (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat – Coklat)
Ujung B (Putih-hijau – Hijau) – (Putih-orange – Biru) – (Putih-biru – Orange) – (Putih-coklat – Coklat)
dalam penyusunan Warna jangan sampai ada yang terbaliknya , salah satu maka tidak bisa digunakan, setelah semuanya di rangkai berdasarkan susunan warna masukan ke 8 kabel itu kedalam Konektor RJ-45 untuk mengematenkan (kencang) menggunakan alat Crimping .. Utuk mengetahui keberhasilan kabel maka gunakan lah tester .

Sebelumnya Persiapkan Alat dan Bahan :

UTP Cable – Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair).
Konektor RJ-45 – RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.
Crimping Tool – Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Peralatan ini memiliki multi fungsi, diantaranya bisa memotong kabel, membuka bungkus kabel (jacket) dan menjepit kepala konektor.
Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel. Biasanya include dengan Crimping Tool.
Cable Tester – Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.
demikian lah sedikit artikel tentang kabel utp cross dan straight , semoga dapat membantu teman-teman untuk membuat sebuah jaringan .
Original : cookies.web.id/2012/01/cara-membuat-kabel-utp-straight-cross.html

rating 5
Sponsored Ad

Related Posts