5 Cara Mengendalikan Dahaga Saat Puasa

Category : Info Menarik, Islami
Menjelang siang di bulan puasa, tidak jarang seseorang akan merasakan haus ataupun kekeringan di wilayah mulut. Hal ini wajar, mengingat selama berpuasa tubuh akan kekurangan asupan cairan. Meski begitu, Kamu bisa kok menggantinya dengan konsumsi cairan yang tepat sejak berbuka hingga sahur. Oleh karena itu, untuk menghindari dehidrasi dan perasaan dahaga ketika berpuasa, berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan:
Makan Makanan Berserat
Ketika sahur, sebaiknya kamu juga mengonsumsi makan berserat dan mengandung air seperti sayur dan buah-buahan. Karena selain mencukupi kebutuhan tubuh, proses cernanya juga membutuhkan waktu lebih lama. Sehingga kamu terhindar dari dahaga dan lapar.
Hindari Makanan Asin
Makanan yang menggunakan banyak garam, sengaja diasinkan, atau jenis-jenis seperti acar, sebaiknya dihindari selama puasa karena bisa meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih cepat dahaga di siang hari.
Hindari Terlalu Banyak Gula
Saat sahur ataupun berbuka, cobalah menambah asupan cairan dengan meminum jus buah. Tapi jangan menambahkan gula. Jika tidak manis, sebaiknya gula diganti dengan susu. Itu pun tidak terlalu manis. Ketika minum teh untuk menambah tenaga, hindari terlalu banyak penggunaan gula untuk menghindari tenggorokan terasa kering.
Hindari Makanan Pedas
 
Makanan pedas bisa menyebabkan panas dalam dan gangguan pencernaan. Sehingga membutuhkan banyak cairan untuk mengatasinya. Hal ini yang membuatmu terus merasa haus.
Perbanyak Air Mineral
Tubuh membutuhkan cairan hingga 8 gelas per hari. Ketika puasa, kamu bisa menggantinya dengan asupan cairan sejak waktu berbuka hingga sahur berikutnya. Jika kamu memiliki kesadaran mengonsumsi cairan dengan cukup. Bulan puasa tentu akan menjadi waktu yang tepat untuk menjaga kesehatanmu. Karena umumnya, seseorang bisa mengontrol asupan cairan, bahkan hingga lebih dari 8 gelas per hari.
sumber ]
Sponsored Ad

Related Posts