NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional | Share All Info

You are here:
Home » Pendidikan » NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional
Berakhir 29 Juli 2014

NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional

 

NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional – Pada Update Postingan Kali ini Admin Share All Info Akan Berbagi Informasi tentang NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional semoga hendaknya dapat Bermanfaat Bagi anda semua pengunjung Setia Blog Ini dan Untuk Selengkapnya Tentang NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional Silahkan Lihat dibawah ini

NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional

NISN ini sangat berguna untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara Nasinoal, konsisten dan berkesinambungan. Anda dapat membaca berbagai fungsi NISN ini di nisn.data.kemdiknas.go.id, antara lain:

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Tujuan dan Manfaat NISN
Adapun tujuan dan manfaat dari NISN adalah sebagai berikut:

Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat melihat NISN secara online dengan mudah?
Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melihat NISN dengan mudah:

1. Pertama, untuk Mengetahui NISN silahkan Mengunjungi alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data

2. Silahkan Pilih Tab “Pencarian berdasarkan Nama”,

3. Setelah itu Ketik atau isikan “Nama Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir”, dan Klik Tombol “Cari” maka nanti akan keluar hasilnya berupa NISN, Nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir.

Meskipun cara mencari nomor induk siswa nasional NISN ini terlihat cukup mudah akan tetapi masih banyak juga yang merasa kesulitan dan mencobanya bahkan kadang tidak mendapatkan NISN mereka. Untuk itu lebahndut sarankan Anda meminta bantuan ibu atau bapak guru Anda untuk mencari data NISN Anda sendiri sehingga Anda dapat menemukan NISN Anda dengan tepat.

Namun jika setelah mencoba berkali kali Anda tetap tidak menemukan NISN, silahkan menghubungi pusat bantuan NISN dengan alamat berikut ini:

PDSP di Telp. 021-5731177 atau Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud di Call Center: 177. atau melalui email:
pengaduan@kemdikbud.go.id
pdsp@kemdikbud.go.id

Demikian Informasi Mengenai “NISN Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional” Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. Terimakasih atas Kunjungannya.



Incoming search terms:

  • Cara Melihat Nisn
  • cara melihat data nisn siswa
  • cara melihat nomor induk nasional siswa
  • {searchTerms}NISN KEMDIKBUD

Posted by 0 Responses
     
Oct
17
2012