Rahasia Di Balik Valentine Day

Rahasia Di Balik Valentine DayTentu saja, valentine day sudah tak asing lagi dikenal oleh masyarakat dunia, seiring perkembangan jaman, valentine day semakin marak dirayakan. Valentine day disebut orang-orang sebagai hari kasih sayang, hari raya cinta, hari rayanya hati. Entahlah, benar atau tidak, yang pasti akan kita bongkar disini. 🙂

Hari-hari Budaya Cinta
Valentine day adalah hari kasih sayang, yang dirayakan setiap tanggal 14 Pebruari, dan sebenarnya hari valentine adalah perayaan yang tidak resmi diberbagai negara. Seperti halnya hari ukang tahun, hari sabtu malam minggu. Hari-hari seperti itu hanyalah sebagai budaya dan keinginan manusia saja untuk mengekpresikan kebahagiaan. Dan yang menentukan hari-hari yang tidak resmi itu terutama adalah orang-orang tertentu yang mengikuti sejarah yang berupa upacara tertentu.

Sponsored Ad

Penulis ingin memberitahukan sesuatu yang singkat dan padat, agar ilmu pengetahuan kita semakin bertambah. Terlebih dahulu, kita telusuri sejarah dari valentine day ini.

1. Sejarah valentine day

Valentine day sudah terbiasa dirayakan setiap 14 Pebruari, dinamakan valentine day karena ada sejarah tertentu:

a. Perayaaan Kesuburan
Sejarah yang lalu, menurut kalender athena kuno. Pada petengahan Januari dan pertengahan Pebruari adalah hari-hari yang penuh dengan kesuburan, mereka melandasi hari-hari dalam pertengahan bulan itu sebagai hari kesuburan ketika ada persembahan sesuatu (berupa hewan) kepada dewa zeus dan hera dalam pernikahannya. Pertengahan bulan tersebut dinamakan sebagai bulan Gamelion.

Kesimpulannya berarti, jika ini menjadi dasar hari valentine, bukan hanya 14-15 Pebruari, melainkan juga 14-15 Januari. Anehnya, kenapa pada tanggal 14 Pebruari yang dijadikan sebagai hari kasih sayang, jika ini menjadi landasannya … 🙂

–> Keajaiban Dibalik Kata Sayang

b. Hari raya gereja

Landasan kedua, yang menjadikan 14 Pebruari sebagai hari valentine berasal dari perayaan triple valentinus (3 orang suci). Valentine diambil dari hari raya gereja sebagai penghormatan kepada triple valentinus, 3 orang yang disebut suci. Yaitu pastur, Uskup (pemimpin gereja) dan martir (pejuang). Mereka menyebut sebagai triple valentinus ketika mereka menemukan kerangka dimakam Santo Hyppolitus dekat Roma tepat pada Pebruari.

Kerangka-kerangka yang diyakini sebagai valentinus diserahkan pada paus untuk dimakamkan kembali digereja tepatnya di Irlandia. Banyak orang yang berziarah dimakam itu pada hari valentine.

c. Ajaran Gnostisisme

Valentine diperkuat dari ajaran Gnostisisme yaitu orang yang dianggap uskup atau pemimpin gereja yang mempunyai aliran sinkretisme. Ajarannya berupa, bahwa tempat tidur pelaminan merupakan tempat utama cinta kasih dalam versi kristian (orang kristen).

d. Keyakinan

Dan ada lagi yang berkeyakinan, bahwa pada tanggal 14 Pebruari merupakan hari-hari burung mencari pasangannya. Ini juga dijadikan dasar sebagai hari valentine.

–> Cara memikat wanita

2. Lambang Valentine Day

a. Manusia Berbaju kulit kambing (perayaan pernikahan dewa zeus)
b. Simbol Hati
c. Anak yang mempunyai dua sayap putih
d. Cokelat
e. Dll

3. Valentine day modern

a Di Negara Barat

Di Amerika, valentine day dirayakan dengan cara membagikan kartu tanda cinta kepada siapapun orang yang dicintai.

b. Di Jepang

Di Jepang berbeda sebutan untuk valentina day, disana pada hari valentine disebut sebagai white day (Hari Putih), dimana seorang perempuan wajib memberikan cokelat kepada prianya. Dan apabila pria sudah diberikan cokelat, wajib membalasnya.

c. Di Taiwan

Di Taiwan malah mempunyai 3 sebutan, hari valentine, hari putih dan hari anak. Banyak amat yah sebutannya.

d. Di Indonesia

Di Indonesia sendiri yang paling beda, karena Indonesia adalah Negara berkembang, setiap ada budaya dari Barat yang masuk di Indonesia, akan dikembangkan oleh masyarakat ini. Jadi, gak maju-maju. Seharusnya, budaya kita yang harus bisa dikembangkan oleh mereka diluar sana. hehehe.

Itulah sedikit yang dapat penulis uraikan, dan yang paling tragis, pada saat tanggal 14 Pebruari 1929 terjadi pembantaian di Chicago. So, hari valentine bukanlah hari kasih sayang yang sebenarnya. Hari-hari kasih sayang perlu diterapkan disetiap harinya, jangan mendasarkan kasih dan cinta anda pada sesuatu yang tak jelas, agar kasih sayang anda bermanfaat dimata Tuhan. 🙂

–> Keajaiban dibalik pelukan

Penulis tidak mengkaitkan hari valentine dengan agama, melainkan semua itu tergantung dari keyakinan anda, rayakanlah jika keyakinan anda sebatas itu jika merayakannya memberikan rasa manfaat pada anda. Namun, bagi yang memiliki keyakinan untuk tidak ikut-ikutan, juga terserah anda. Yang menentukan baik tidaknya hidup adalah diri kita masing-masing.

Yang terpenting dalam hidup adalah, …

saling menghormati, tidak menghina, memberikan nasihat kebaikan, dan semua itu kita lakukan tanpa memandang agama, suku, ras dan golongan. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. 🙂

Mohon Maaf jika ada tutur kata penulis yang tidak berkenan, tulisan ini hanya berupa informatif dan tidak ada niat untuk kejelekan, demikianlah rahasia dibalik valentine day, semoga bermanfaat.:)

Yang paling baik di mata Tuhan, adalah yang paling baik kasih cintanya, baik kepada Tuhan dan kepada sesama.

[ Referensi: Wikipedia | dycko-novanda.blogspot.com ]

rating 5
Sponsored Ad

Related Posts